• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Tiga Amalan Unggulan di Bulan Romadhon

    Satry Polang
    Rabu, 05 April 2023, April 05, 2023 WIB Last Updated 2023-04-06T06:13:24Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250

    Oleh : Ustadz Syarifuddin Lc 


    Narasirakyat.my.id,SIDRAP -- Bulan Suci Ramadhan merupakan Bulan yg penuh keberkahan serta setiap amalan yg dikerjakan di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya, olehnya itu ada tiga amalan yg sangat penting dan perlu dapat perhatian khusus untuk dikerjakan diantaranya :


    Pertama,Memperbanyak Membaca Al Qur'an 

    - Pahala bacaan Alquran di lipat gandakan oleh Allah.


    Orang Yang senantiasa membaca Al-Qur`an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda Dari Allah SWT.


     Rasulullah SAW pernah Bersabda

    عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ َصَلّى الله عليه وسلم: منْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ، وَلامٌ حَرْفٌ، وَمِيمٌ حَرْفٌ. رواه الترمذي


    Abdullah bin Mas'ud ra berkata: Rasulullah saw pernah:


    Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur'an maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipat gandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan bahwa ألم (alif laam mim) itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.


    Hadis sahih , diriwayatkan oleh al-Tirmizi (hadis no. 2835), beliau berkata: Hadis ini Hasan Sahih Gharib.


    Alquran Menjadi Penolong bagi pembacanya.


    Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam bersabda:

    عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ


    Dari Abu Umamah al-Bahili ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


    “Bacalah Al-Quran, sebab ia akan datang di hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim No. 804)


    Oleh karnanya Sebagai seorang Muslim hendaknya senantiasa membaca Alqur'an setiap saat Tampa mengenal lelah khusus di bulan ramadhan mulia ini.


    Apa tak lagi kita sebagai seorang Muslim memiliki kewajiban terhadap Al quran sebagaimana di katakan Oleh Al imam Al Jauzi ada 4 kewajiban kita terhadap Al-Qur'an


    - Mendengarkan Alquran 

    - Mengimani Al Qur'an

    - Membaca Alquran

    - Berobat dengan Alquran


    Kedua,Menjaga sholat wajib dengan berjamaah dan juga sholat Sunnah yg di anjurkan.



    - Wajib sholat berjamaah Firman Allah AZZA wajallah Surah Al baqoroh ayat 43

    وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

    Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'.


      Ayat ini menjadi dalil wajib sholat berjamaah di masjid bagi seorang laki laki.


    - Sholat Sunnah rowatib 12 rakaat

    Berikut bunyi haditsnya.


    ‏ مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّي لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ ‏

    Artinya: "Jika seorang hamba Allah SWT salat 12 rakaat (sunah) setiap hari, sebelum dan setelah salat wajib, maka Allah SWT akan membangunkannya sebuah rumah di surga atau rumah akan dibangun untuknya di surga." (HR Muslim)


       Selain sholat sunnah rowatib, sholat Sunnah yang di anjurkan untuk di lakukan, sholat syuruq/isrqo, sholat Dhuha, sholat tarawih dan witir, sholat malam/tahajjud.


    Ketiga,Memperbanyak sedekah.

    - Sedekah yang di lipat gandakan.

    Allah berfirman: surah Al-Baqarah ayat 261


    مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ


    "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."


    - Sedekah tak mengurangi harta.


    Pada dasarnya harta tak akan berkurang dengan sedekah/menyumbang/infak/berbagi, justru akan semaking bertambah dan  penuh dengan berkah.


    Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).


    Ketiga amalan unggulan ini tak lepas dengan firman Allah SWT, yg membutuhkan perhatian serius, disebabkan 3 amalan unggulan ini tak akan pernah membuat kita akan merugi selamanya,


    Oleh sebab itu lakukan  amalan unggulan ini baik di luar romadhan lebih giat lagi di dalam bulan suci romadhan.


    Sebagaimana firman Allah: 


    إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّۭا وَعَلَانِيَةًۭ يَرْجُونَ تِجَٰرَةًۭ لَّن تَبُورَ


    Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur'an) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi" (QS. Fatir: 29)


    "Allah telah memberikan peluang emas kepada hambanya di bulan romadhan ini dengan berlipat ganda pahala yg telah kita lakukan dan yg akan kita lakukan, maka seharusnya kita berusaha memperbaiki kualitas ibadah kita dan tdk menyia nyiakan kesempatan yg ada dan tak kenal lelah sampai ajal memisahkan kita.


    Insya Allah, Mari kita membangun semangat dalam diri kita untuk terus Istiqomah dalam memperbanyak amal kebaikan.

    Komentar

    Tampilkan