• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    IWO Sidrap Sukses Gelar Workshop Nasional Jurnalistik Digital 2023 di Sulawesi Selatan

    Satry Polang
    Sabtu, 15 Juli 2023, Juli 15, 2023 WIB Last Updated 2023-07-15T21:26:03Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Ikatan Wartawan Online (IWO) Cabang Sidrap menggelar Workshop Nasional Jurnalistik Digital 2023.



    Narasirakyat.my.id,Sidrap - Ikatan Wartawan Online (IWO) Cabang Sidrap sukses menggelar Workshop Nasional Jurnalistik Digital 2023. Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Sidrap, Kota Pangkajene, pada Sabtu, 15 Juli 2023.


    Workshop Nasional Jurnalistik Digital 2023 yang diselenggarakan oleh PD IWO Sidrap dimulai dengan menghadirkan dua narasumber tamu yang berpengalaman. Narasumber pertama adalah M. Saleh Mude, seorang akademisi dari Hartford, Amerika Serikat. Sementara narasumber kedua adalah Marsekal Pertama TNI Ir. H. Andi Sutomo, Sekretaris Universitas Pertahanan RI Jakarta.


    Ketua IWO Sidrap, Edy Basri memandu dua narasumber tamu tersebut. M. Saleh Mude berbagi ilmu tentang "Pentingnya Etika Bermedia [Sosial] Online" dalam sesi pembelajaran jarak jauh (hybrid). Sedangkan Marsekal Pertama TNI Ir. H. Andi Sutomo menyajikan materi dengan judul "Wawasan Kebangsaan dan Peran Ilmu Jurnalistik Online dalam Era Digital".


    Acara inti dimulai tepat pada pukul 09.30 dengan keynote speaker H. Bachtiar, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sidrap. Bachtiar menyampaikan apresiasi dari pemerintah daerah atas terselenggaranya acara tersebut. Ia mengungkapkan kekagumannya terhadap IWO Sidrap yang melaksanakan workshop dengan tema utama berfokus pada media digital.


    Jadwal workshop terdiri dari empat materi yang diberikan oleh para ahli di bidangnya. Pukul 10.00 M. Haris Syah, seorang Jurnalis Senior dan CEO PT MGI, hadir memberikan materi pengenalan jurnalistik digital. Ia menjelaskan definisi jurnalistik digital, perbedaan penulisan berita online dan cetak, serta tips dan trik menarik pembaca dalam berita online.


    Selanjutnya, pukul 11.00, Fajriani Langgeng, Direktur LBH Pers Makassar, membawakan materi mengenai etika dan hukum dalam jurnalistik digital. Ia menjelaskan prinsip-prinsip etika jurnalistik digital, hukum dan regulasi terkait jurnalistik digital, serta menghadirkan beberapa kasus terkait etika dan hukum dalam jurnalistik digital.


    Setelah istirahat dan makan siang pada pukul, workshop dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Alfiansyah Anwar, Dosen Jurnalistik dan Komunikasi IAIN Parepare serta CEO Pijarnews.com/Jurnalis Metro TV. Ia membahas pemahaman kode etik jurnalistik dalam konteks media online.


    Terakhir, pada pukul 14.00, Edy Basri, Dosen Institut Cokroaminoto Pinrang dan CEO PT Katasulsel Media Utama, memberikan materi mengenai strategi desain web yang menarik serta trik untuk menembus Google dan Google News agar situs berita mendapatkan peringkat yang baik. Ia membahas penggunaan konsep visual yang memukau, optimisasi SEO, dan strategi backlink yang efektif.


    Workshop Nasional Jurnalistik Digital 2023 ini memberikan wawasan dan pengetahuan yang berharga bagi peserta. Melalui kegiatan ini, diharapkan wartawan dan praktisi media dapat menguasai jurnalistik digital dengan baik serta memahami etika dan hukum yang berlaku dalam era digital ini.

    Komentar

    Tampilkan