• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Aksi Nyata Pimpinan Daerah Aisyiyah Sidrap di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Carawali

    Satry Polang
    Senin, 07 Agustus 2023, Agustus 07, 2023 WIB Last Updated 2023-08-08T00:00:30Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Sidenreng Rappang Menggelar kegiatan di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal III Carawali


    Narasirakyat.my.id,Sidrap -- Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Sidenreng Rappang dan Tim Kesehatan yang berkolaborasi dengan Dosen ITKES MUHAMMADIYAH SIDRAP menggelar pelayanan kesehatan di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal III Carawali,Kamis (03/08/2023).


    Sekolah tempat di gelarnya kegiatan tersebut merupakan sekolah binaan ‘Aisyiyah Kabupaten Sidrap yang berlokasi di Jl. A. Pina, Carawali, Kec. Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Prov.Sulawesi Selatan. Sejak tahun ajaran 2023-2024 memiliki 19 siswa dan 4 orang guru.




    Pada kesempatan itu para murid mendapatkan kejutan dari Majelis kesehatan pimpinan daerah ‘Aisyiyah Kab Sidrap yakni Kedatangan tim kesehatan PD ‘Aisyiyah.Hal yg dilakukan tersebut merupakan bentuk pengabdian yang fokus pada perlindungan diri dan  pelayanan kesehatan. 



    Tim penyuluh kesehatan berjumlah 5 orang dan memberikan materi terkait 6 langkah cuci tangan. Satu per satu siswa mengikuti instruktur mulai dari basahi tangan dengan air dan sabun, gosok telapak tangan, gosok punggung tangan kiri kanan, gosok sela sela jari, gosok ibu hari secara melingkar kemudian gosok ujung-ujung jari lalu kembali ke langkah pertama sampai bersih. 




    Nasrayanti Nurdin S Tr M.Keb memberikan contoh cuci tangan. Washliaty Israjuddin, apt S.Si, M. Si dan Dewi Lidiwiati S.Si M.Si ikut mempraktikkan 6 langkah cuci tangan ini di depan siswa. 


    " Ayo, anak anak ikuti ibu di depan, jangan saling dorong," ujar salah satu guru. 


    Siswa memperhatikan dan mencuci tangan dengan handsoap yang telah disediakan. Tim instruktur membagikan handsoap tersebut sehingga tangan setiap anak dibasahi hand sanitizer. Kegiatan ini sangat bagus dan baik untuk melatih anak anak menjaga kebersihan diri


    Selain menjaga kebersihan diri, Satriani Salam, S. IP selaku Ketua Majelis Kessos PD '‘Aisyiyah memberikan penyuluhan perlindungan diri dari tindakan kriminal. Bagian tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh diperagakan oleh Satriani. Beliau juga memberikan contoh kasus yang terjadi pada anak usia 2 tahun yang mengalami kekerasan seksual oleh Ayahnya sendiri. Contoh tersebut membuat orang tua siswa syok dan berpikir ulang untuk menitipkan anak anaknya pada orang lain. Orang tua siswa lebih waspada dan lebih peduli dengan anak anak mereka. 


    Setelah demo mencuci tangan dan penyuluhan perlindungan diri, tim kesehatan memberikan cemilan untuk anak

    Guru menyampaikan sebelum makan mari membaca doa bersama sama. Sontak ruangan 4 * 5 tersebut sangat ribut. Siswa menyebutkan doa sebelum belajar dan doa perlindungan diri. Doa yang dilantunkan tidak sesuai dengan kondisinya saat ini seharusnya membaca doa sebelum makan. Barulah setelah guru mengoreksi, siswa membetulkan bacaan doanya. 


    Cemilan yang dibagikan berupa roti dan susu. Menurut siswa, makanan dan minumannya enak. Siswa juga diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya setelah makan. Hal ini bertujuan agar siswa memiliki kecintaan untuk melestarikan lingkungan. 


    Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari PD ‘Aisyiyah Kabupaten Sidenreng Rappang bahkan Wakil Ketua PD ‘Aisyiyah juga ikut terlibat dalam kegiatan monitoring ini. 



    Faradilla Bakry SKM M.Si mengutarakan sangat mengapresiasi Program Kerja Majelis Kesehatan dan Majelis Dikdasmen yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui Edukasi dini terkait kesehatan kepada Anak-anak TK, Guru dan Para Orang Tua.


     Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan langsung di rumah maupun di lingkungan sekolah. Lebih lanjut, Faradilla menambahkan dan hendaknya Pola hidup sehat termasuk menjaga Kebersihan diri dan lingkungan menjadi budaya bagi warga masyarakat termasuk keluarga besar Muhammadiyah.



    Harapan yang sama juga dituturkan oleh guru berinisial AK semoga dengan adanya kegiatan ini siswa menjadi lebih menjaga diri, bisa bertanggung jawab, lebih cerdas, menggapai cita citanya dan untuk ‘Aisyiyah kegiatan-kegiatan seperti ini harus lebih diintensifkan lagi, kalau bisa ada sesi berikutnya dan semoga lebih bermanfaat.



    Kontributor : Husnul Khotimah Rustam Sidrap

    Komentar

    Tampilkan