• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Inovasi Pembelajaran Berkelanjutan: Praktek P5 Tanaman Hidroponik di SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang

    Satry Polang
    Jumat, 11 Agustus 2023, Agustus 11, 2023 WIB Last Updated 2023-08-12T05:09:10Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Siswa Kelas 4D SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang antusias dalam praktek P5 Tanaman Hidroponik Menggunakan Starter Kit 


    Narsirakyat.my.id,SIDRAP -- Di era modern seperti sekarang ini, penting bagi anak-anak untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan dalam bidang pertanian. Salah satu metode pertanian yang inovatif dan efisien adalah Hidroponik. Di SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang, telah menerapkan Praktek Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disingkat P5 dalam Kurikulum Merdeka yakni Tanaman Hidroponik menggunakan Starter Kit.Kelas yg mempelajari hal ini mulai dari kelas satu sampai kelas empat.


    Untuk diketahui bahwa,Hidroponik adalah metode bercocok tanam di mana tanaman tumbuh tanpa menggunakan tanah. Sebagai gantinya, tanaman ditanam dalam larutan nutrisi yang kaya akan zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan optimal. Metode ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh lebih cepat dan lebih sehat dibandingkan dengan metode tradisional.






    Dalam Praktek P5 Kurikulum Merdeka Tanaman Hidroponik di SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang  menggunakan Starter Kit. Starter Kit ini terdiri dari beberapa komponen penting yang  dirancang dengan sederhana sehingga mudah dipahami dan digunakan oleh siswa. Dengan menggunakan Starter Kit, siswa dapat belajar secara langsung tentang Hidroponik dan mengamati pertumbuhan tanaman mereka secara langsung.



    Dibawah bimbingan para ustadz dan ustadzah program ini memberikan banyak manfaat bagi siswa di SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang. Pertama, mereka belajar tentang pentingnya pertanian dan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan produksi tanaman. Mereka juga belajar tentang tanggung jawab dan keberlanjutan, karena hidroponik merupakan metode pertanian yang ramah lingkungan dan menghemat air.


    Selain itu, program ini juga mengajarkan siswa tentang siklus hidup tanaman dan bagaimana tanaman membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dengan baik. Mereka belajar mengamati dan memantau pertumbuhan tanaman mereka, serta mengidentifikasi masalah dan mencari solusi. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan observasi, analisis, dan pemecahan masalah yang sangat berharga.



    Selama pelaksanaan program ini, siswa di SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang akan diajarkan untuk bekerja sama dalam tim. Mereka belajar untuk berbagi tanggung jawab dan saling membantu dalam merawat tanaman. Kolaborasi ini mengajarkan mereka nilai-nilai kerjasama dan kebersamaan, yang akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan mereka.


    Selain itu, hidroponik juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkreasi dan berinovasi. Mereka dapat mencoba berbagai teknik dan metode dalam perawatan tanaman, serta menciptakan solusi unik untuk masalah yang mungkin muncul. Ini mengembangkan kreativitas dan keingintahuan mereka, serta menginspirasi mereka untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan mereka tentang pertanian.



    Kepsek SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang Abdul Malik menyatakan bahwa Praktek P5 Kurikulum Merdeka Tanaman Hidroponik menggunakan Starter Kit merupakan program yang sangat bermanfaat bagi siswa. Melalui program ini, mereka belajar tentang pentingnya pertanian, tanggung jawab, dan keberlanjutan. 


    Mereka juga mengembangkan keterampilan observasi, analisis, pemecahan masalah, kolaborasi, dan kreativitas. Kami berharap program ini dapat terus ditingkatkan sehingga siswa dapat merasakan manfaatnya dan menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan dan pertanian.

    Komentar

    Tampilkan