• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang Menunjukkan Adab dan Nilai Islami Dalam Lomba Gerak Jalan

    Satry Polang
    Sabtu, 19 Agustus 2023, Agustus 19, 2023 WIB Last Updated 2023-08-19T19:54:42Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Sebuah Postingan di Instagram menunjukkan tim gerak jalan SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang menikmati minuman dengan Adab minuman duduk


    Narasirakyat.my.id,Sidrap -- SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang adalah sekolah yang tidak hanya memberikan pendidikan formal kepada siswa, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai Islami yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kegiatan yang diikuti  oleh sekolah ini adalah lomba gerak jalan, yang tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana untuk menunjukkan adab dan nilai Islami kepada siswa.


    Pertama-tama, dalam lomba gerak jalan ini, siswa diajarkan untuk selalu memulai dan mengakhiri setiap gerakan dengan berdoa. Hal ini mengajarkan kepada siswa betapa pentingnya mengawali dan mengakhiri setiap tindakan dengan menyebut nama Allah SWT. Dengan melakukan hal ini, siswa tidak hanya belajar untuk bersyukur kepada Allah SWT atas setiap kesempatan yang diberikan, tetapi juga mengingatkan diri mereka sendiri bahwa segala sesuatu yang mereka lakukan haruslah didasarkan pada ajaran agama.


    Selain itu, dalam lomba gerak jalan ini, siswa juga diajarkan untuk selalu menjaga sikap yang baik dan sopan. Mereka diajarkan untuk saling menghormati, tidak hanya kepada rekan satu tim mereka, tetapi juga kepada peserta lainnya. Dalam Islam, adab dan sopan santun adalah nilai yang sangat penting, dan lomba gerak jalan ini menjadi kesempatan bagi siswa untuk mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.




    Dalam lomba gerak jalan ini, siswa juga diajarkan untuk selalu berusaha sebaik mungkin, tetapi juga menerima hasil akhir dengan lapang dada. Mereka diajarkan untuk tidak terlalu fokus pada kemenangan semata, tetapi lebih pada proses dan pengalaman yang mereka dapatkan. Dalam Islam, kita diajarkan untuk selalu berusaha dan bekerja keras, tetapi pada akhirnya, hasilnya adalah urusan Allah SWT.Dengan mengajarkan hal ini dalam lomba gerak jalan, siswa belajar untuk tidak terlalu terikat pada hasil akhir, tetapi lebih pada usaha dan niat yang baik.


    Selain itu, lomba gerak jalan ini juga menjadi kesempatan bagi siswa untuk belajar bekerja sama dalam tim. Mereka diajarkan untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam mencapai tujuan bersama. Dalam Islam, solidaritas dan kerjasama adalah nilai-nilai yang sangat dijunjung tinggi. Dengan mengajarkan siswa untuk bekerja sama dalam lomba gerak jalan, sekolah ini tidak hanya mengajarkan nilai-nilai Islami, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial siswa.


    Terakhir, lomba gerak jalan ini juga menjadi sarana bagi siswa untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat kesehatan dan kemampuan yang diberikan kepada mereka. Dalam Islam, kita diajarkan untuk selalu bersyukur dan mengingat bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah SWT.Dalam lomba gerak jalan ini, siswa diajarkan untuk tidak mengambil kesempatan yang mereka miliki dengan sia-sia, tetapi untuk menghargainya dan menggunakan kemampuan yang mereka miliki dengan sebaik-baiknya.


    Dalam sebuah postingan Instagram @ranashop memperlihatkan para siswa yang tergabung dalam tim gerak jalan ini sedang di bagikan minuman. Mereka menikmati minuman yang dibagikan dengan menunjukkan adab minum dengan duduk tentunya hal ini merupakan sebuah momen salah satu nilai Islami yang di terapkan oleh siswa SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang.


    Menanggapi hal ini, Abdul Malik sebagai Kepala Sekolah SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang menyatakan bahwa  lomba gerak jalan yang dikuti oleh SD Qur'ani Al-Ikhlash Rappang bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan sarana untuk menunjukkan adab dan nilai-nilai Islami kepada siswa. Melalui lomba ini, siswa diajarkan untuk selalu memulai dan mengakhiri setiap tindakan dengan berdoa, menjaga sikap yang baik dan sopan, menerima hasil dengan lapang dada, bekerja sama dalam tim, dan bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.Dengan mengajarkan nilai-nilai ini, sekolah ini tidak hanya memberikan pendidikan formal kepada siswa, tetapi juga membantu membentuk karakter Islami yang kuat dalam diri mereka.

    Komentar

    Tampilkan