• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Dampak Buruk Cuaca Ekstrim: Angin Kencang Menerjang Kabupaten Sidenreng Rappang

    Satry Polang
    Rabu, 13 September 2023, September 13, 2023 WIB Last Updated 2023-09-14T03:30:15Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Dampak Angin Kencang di Kab.Sidrap


    Narasirakyat.my.id,Sidrap -- Cuaca yang ekstrem merupakan fenomena alam yang dapat menyebabkan kerugian fisik maupun materi. Pada hari Rabu tanggal 13 September 2023 pada dini hari sekitar pukul 00.30 WITA, terjadi angin kencang di Desa Passeno Kecamatan Baranti dan Desa Mattirotasi Kecamatan Watang Pulu. Angin kencang tersebut menyebabkan 3 rumah mengalami kerusakan pada bagian atap dengan tingkat kerusakan yang ringan.


    Angin kencang ini disebabkan oleh faktor-faktor alam yang meliputi perubahan cuaca yang tiba-tiba dan presipitasi yang tinggi.Perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat terjadi karena adanya perubahan tekanan udara yang dapat menyebabkan angin kencang. Selain itu, presipitasi yang tinggi juga dapat mempengaruhi cuaca ekstrem seperti hujan deras yang dapat menyebabkan banjir dan angin kencang.


    Dalam kasus ini, angin kencang tersebut dapat disebabkan oleh fenomena alam seperti siklon tropis atau hujan lebat yang terjadi di wilayah tersebut. Wilayah yang memiliki iklim tropis memiliki kecenderungan untuk mengalami cuaca ekstrem seperti angin kencang.


    Berdasarkan informasi dari Sekdes Mattirotasi, Rahma Op. Pusdalops serta Aparat Desa Passeno dan laporan PUSDALOPS BPBD Kabupaten Sidenreng Rappang.Kerusakan yang terjadi pada 3 rumah di Desa Passeno dan Desa Mattirotasi disebabkan oleh rusaknya bagian atap akibat terpaan angin kencang. Meskipun tingkat kerusakan yang terjadi masih ringan, namun hal ini tetap mengganggu kehidupan sehari-hari penduduk setempat.


    Kerusakan pada atap rumah dapat menyebabkan masuknya air hujan ke dalam rumah. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen rumah seperti dinding, plafon, dan lantai. Selain itu, kerusakan pada atap juga dapat membahayakan keselamatan penghuni rumah jika tidak segera diperbaiki.


    Untuk diketahui, korban yang terdampak yakni

    Di Desa Passeno Kec.Baranti

    1. Jumardin (KK) Umur 62 Tahun

    - Sanawiah (Istri) Umur 45 Tahun

    - Diana Amelia (Anak) Umur 19 Tahun

    2. Abd. Rahman (KK) Umur 32 Tahun

    - Jusmiana (Istri) Umur 23 Tahun

    - Naura Afiyah Rahman (Anak) 1 Tahun

    Di Desa Mattirotasi Kec.Wattang Pulu

    3. A. Irwan (KK) Umur 43 Tahun

    - Kasma (Istri) Umur 42 Tahun

    - A. Azriel (Anak) Umur 11 Tahun


    Olehnya itu ,Penting bagi masyarakat untuk memiliki kesadaran tinggi terhadap perubahan-perubahan cuaca yang ekstrem.Terlepas dari seberapa cepat cuaca dapat berubah, tidak ada salahnya untuk secara rutin mencari informasi tentang kondisi cuaca terkini. Untuk mendapatkan prakiraan cuaca yang tepercaya,bisa mengunjungi situs resmi informasi cuaca seperti BMKG.

    Komentar

    Tampilkan