• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Membangun Kesadaran akan Kesehatan Hewan: Jurusan Kesehatan Hewan SMKN 3 Sidrap dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab.Sidrap Sukses Menggelar Vaksinasi Hewan

    Satry Polang
    Jumat, 01 September 2023, September 01, 2023 WIB Last Updated 2023-09-01T08:22:20Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Suasana Vaksinasi Hewan di SMKN 3 Sidrap 


    Narasirakyat.my.id,Sidrap -- Jurusan Kesehatan Hewan SMKN 3 Sidrap dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sidrap bekerja sama untuk melaksanakan vaksinasi rabies yang sukses dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia,Kamis (31/08/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies yang masih menjadi masalah serius di Indonesia.


    Rabies merupakan penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonatik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia pencegahan rabies dengan vaksin serta cuci sabun cuci pakaian dengan air mengalir kemudian melakukan var dipuskesmas dan hewan diobservasi selama 14 hari.


    Foto bersama Ketua Komite, Kepala Sekolah, Kepala Dinas, dan Kabid pembibitan dan kesehatan hewan


    Jurusan Kesehatan Hewan SMKN 3 Sidrap merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kompetensi dalam bidang kesehatan hewan. Dalam kerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sidrap, mereka telah berhasil melaksanakan vaksinasi rabies secara masif dan efektif. Hal ini menunjukkan komitmen dan dedikasi mereka dalam menjaga kesehatan hewan dan masyarakat.


    Jurusan Kesehatan Hewan menyiapkan acara ini selama sepekan dengan mendata langsung ke rumah warga dan lewat media sosial yang didampingi langsung Hasnawati Nurdin, S.Pd.


    Dalam kegiatan vaksinasi ini, tim yang terdiri dari petugas kesehatan hewan dan petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sidrap bekerja sama untuk mencapai target vaksinasi yang telah ditetapkan. Mereka melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi rabies dan mengajak pemilik hewan peliharaan untuk membawa hewan mereka untuk divaksinasi.


    Ada 105 pendaftar yang mengisi google form dan hampir semua datang. Untuk anjing ada juga dilakukan door to door dan ada juga yang membawa anjingnya, diantara anjing yang datang terdapat jenis bulldog, pitbull dan anjing biasa. Jenis kucing yang divaksin yaitu Himalaya, Persia, Anggota, Peranakan, dan kucing biasa.


    Kepala dinas Peternakan dan Perikanan Bapak Ir. Semuel K hadir memantau kegiatan bersama Bapak Haris Alimin, S.P, M.Si.Pada kesempatan itu Kabid Pembibitan dan Kesehatan Hewan drh.Emy Purnomowati melakukan Vaksinasi hewan peliharaan yaitu kucing dan anjing.Dengan 4 tenaga dokter hewan dan BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Watang Pulu yang merupakan Petugas Peternakan Kecamatan Watang Pulu.


    Vaksinasi tersebut sangat penting dalam upaya pencegahan penyebaran rabies kepada manusia, karena hewan yang divaksinasi akan menjadi kebal terhadap virus rabies dan tidak akan menularkan penyakit ini kepada manusia.


    Kegiatan vaksinasi ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies. Dalam peringatan ini, Jurusan Kesehatan Hewan SMKN 3 Sidrap dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Sidrap berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan vaksinasi rabies dan sosialisasi kepada masyarakat.



    Rahmat Ahmad, S.Pd, M.Pd kepala UPT SMKN 3 SIDRAP menyatakan bahwa dengan dilaksanakannya vaksinasi rabies ini, diharapkan dapat mengurangi jumlah kasus rabies di Kabupaten Sidrap dan sekitarnya. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi contoh yang baik bagi daerah lain dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies. Beliau juga menghaturkan rasa terima kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut.Semoga kegiatan vaksinasi rabies ini terus dilaksanakan secara berkala dan berhasil mengendalikan penyebaran penyakit ini demi kesehatan hewan dan masyarakat yang lebih baik.


    Komentar

    Tampilkan