• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Pemilihan Ketua OSIS UPT SMPN 3 PANGSID Mencoblos Langsung Sebagai Upaya Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

    Satry Polang
    Kamis, 07 September 2023, September 07, 2023 WIB Last Updated 2023-09-08T00:55:13Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Dalam upaya memperkuat profil pelajar Pancasila di UPT SMPN 3 PANGSID, dilakukan pemilihan Ketua OSIS dengan mencoblos secara langsung,


    Narasirakyat.my.id,Sidrap -- Dalam upaya memperkuat profil pelajar Pancasila di UPT SMPN 3 PANGSID, dilakukan pemilihan Ketua OSIS dengan mencoblos secara langsung,Kamis (07/09/2023). Langkah ini merupakan bagian dari pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka. Pemilihan ini dipandang penting dalam membentuk kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa.


    Pemilihan Ketua OSIS secara mencoblos langsung dipilih sebagai metode yang tepat untuk melibatkan seluruh siswa dalam proses demokrasi. Dengan cara ini, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memilih calon yang dianggap paling mampu mewakili dan memperjuangkan kepentingan siswa. Selain itu, pemilihan secara mencoblos langsung juga dapat memberikan pengalaman berharga bagi siswa dalam memahami pentingnya hak suara dan partisipasi dalam kehidupan demokrasi.


    Dalam pemilihan Ketua OSIS secara mencoblos langsung, jadi ini terlaksana atas bimbingan dan pendampingan guru pengampu P5 dikelas 8, salah satunya Andi Aisyah.Sebagai seorang pendidik, beliau bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya pemilihan yang demokratis dan berlandaskan Pancasila. Andi Asyiah juga berperan dalam mengawasi jalannya pemilihan dan memastikan bahwa proses berlangsung secara adil dan transparan.


    Pemilihan Ketua OSIS secara mencoblos langsung dilakukan melalui beberapa langkah yang terstruktur. Pertama, dilakukan proses pencalonan dimana siswa-siswa dapat mengajukan diri sebagai calon Ketua OSIS. Setelah itu, dilakukan kampanye oleh calon-calon tersebut untuk memperkenalkan visi dan misi mereka kepada seluruh siswa. Kemudian, dilakukan tahap pemungutan suara secara rahasia oleh seluruh siswa. Dan akhirnya, hasil pemilihan diumumkan secara transparan dan calon dengan suara terbanyak akan terpilih sebagai Ketua OSIS.


    Pemilihan Ketua OSIS secara mencoblos langsung memiliki manfaat yang signifikan bagi siswa dan sekolah. Pertama, pemilihan ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kehidupan demokrasi di sekolah. Kedua, dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pemilihan, mereka dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi. Ketiga, pemilihan secara mencoblos langsung juga dapat menciptakan suasana sekolah yang demokratis dan inklusif, di mana setiap suara dihargai dan dihormati.


    Pemilihan Ketua OSIS secara mencoblos langsung merupakan bagian penting dari pembelajaran P5 yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila di UPT SMPN 3 PANGSID. Melalui pemilihan ini, siswa dapat belajar tentang pentingnya partisipasi dalam kehidupan demokrasi dan nilai-nilai Pancasila. Peran guru pengampuh mata pelajaran, seperti Andi Asyiah, sangatlah penting dalam memastikan jalannya pemilihan secara adil dan transparan. Dengan melibatkan seluruh siswa dalam proses pemilihan, diharapkan dapat menciptakan suasana sekolah yang demokratis dan inklusif.

    Komentar

    Tampilkan