• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Wali Kelas Tujuh MTsN 2 Sidrap Siapkan Pojok Baca di Ruang Kelas

    Satry Polang
    Kamis, 07 September 2023, September 07, 2023 WIB Last Updated 2023-09-08T01:02:32Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250
    Jumardin, S.Pd.I., M.Pd.I wali kelas 7.E MTsN 2 Sidrap berinovasi membuat Pojok Baca di dalam kelas.l


    Narasirakyat.my.id,Sidrap -- Indonesia adalah negara yang memiliki masyarakat tingkat literasinya sangat rendah. Bahkan menurut UNESCO di tahun 2016 tingkat minat baca masyarakat Indonesia berada di rangking 60 dari 61 negara, di bawah Thailand (59) di atas Bostwana (61), tentu saja hal itu sangat memprihatinkan.

    Alasan itulah yang mendasari Jumardin, S.Pd.I., M.Pd.I wali kelas 7.E MTsN 2 Sidrap saat ini untuk menaikkan gairah minat baca anak didiknya, yaitu berinovasi membuat Pojok Baca di dalam kelas.


    Selain itu lokasi perpustakaan sekolah yang jauh dari jangkauan anak didiknya membuat Jumardin perlu membuat Pojok Baca ini hadir di dalam kelas, dan diharapkan dapat merangsang peserta didik untuk lebih gemar membaca dan melakukan aktivitas lain yang dapat megembangkan potensi dan daya pikir mereka. “Kelas kami di lantai dua dan jauh dari perpustakaan, itu yang membuat siswa kadang malas turun ke Perpustakaan” ucap Jumardin.


    Jumardin juga menuturkan “Pojok Baca ini bisa membantu dan memudahkan guru Bahasa Indonesia dan guru agama dalam hal literasi, karena tersedia buku umum dan novel, di Pojok Baca itu juga tersedia Alquran” tutur Jumardin.


    Buku-buku yang terdapat pada rak buku Pojok Baca di kelas tujuh tersebut diambil dari perpustakaan, yang direkomendasikan dari Kepala perpustakaan MTsN 2 Sidrap Hasnawati, S.Pd.


    Hasnawati mengungkapkan “Pojok Baca dibuat bukan untuk menyaingi perpustakaan sekolah, tapi justru membantu perpustakaan sekolah dalam menciptakan budaya gemar membaca bagi siswa, kapan pun dan dimana pun”, ungkap Hasnawati.


    Jumardin terus berupaya semaksimal mungkin agar Pojok Baca bisa menjadi magnet untuk menarik siswa mau membaca, olehnya itu guru dan wali kelas harus bekerja sama menciptakan Pojok Baca yang kreatif dan menarik.


    Selain Pojok Baca, wali kelas 7.E ini juga menyiakan map untuk menyimpan portofolia dari tugas siswa, bahkan sebelumnya Jumardin telah melakukan renovasi kelas dengan hiasan stiker dinding yang membuat kelas semakin estetik dan indah, dilengkapi dengan hiasan dinding lukisan dari hasil karya tangan siswa MTsN 2 Sidrap.

    Komentar

    Tampilkan