• Jelajahi

    Copyright © NARASI RAKYAT
    Best Viral Premium Blogger Templates


     


     


     


     

    Iklan


     

    Iklan

    Kolaborasi UNM Makassar dan Unisan Sidrap Transformasi Limbah Jamur Tiram menjadi Peluang Ekonomi di Desa Tasiwalie

    Satry Polang
    Minggu, 26 November 2023, November 26, 2023 WIB Last Updated 2023-11-26T23:52:33Z
    masukkan script iklan disini
    banner 728x250

    Kolaborasi UNM Makassar dan Unisan Sidrap Transformasi Limbah Jamur Tiram menjadi Peluang Ekonomi di Desa Tasiwalie



    Narasirakyat.my.id, Sidrap -- Desa Tasiwalie, Pinrang, 25 November 2023 - Universitas Ichsan Sidenreng Rappang (Unisan Sidrap) dan Universitas Negeri Makassar (UNM) berkolaborasi untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat melalui Program Kosabangsa membawa terobosan dalam Focus Group Discussion (FGD) dan Manajemen Limbah Budidaya Jamur Tiram di Desa Tasiwalie, Kabupaten Pinrang.


    Program Kosabangsa merupakan program pendanaan dari Ditjen Diktiristek melalui DRTPM (Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat) untuk menjembatani kolaborasi dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan masyarakat.


    Kegiatan ini merangkul kelompok budidaya dan pengolahan jamur tiram sebagai mitra utama, menggarap aspek penting yaitu manajemen limbah. FGD memungkinkan para peserta untuk berbagi pengalaman dan wawasan, sementara Manajemen Limbah dipandu oleh Prof. Oslan Jumadi dari UNM, seorang ahli dalam bidangnya.


    Manajemen Limbah ini tidak hanya berfokus pada pengelolaan limbah secara umum, melainkan memberikan solusi konkret terhadap limbah dari budidaya jamur tiram. Prof. Oslan Jumadi memaparkan bahwa limbah dari proses budidaya jamur tiram dapat diolah menjadi produk bernilai tambah.


    Pada kegiatan ini, perhatian khusus diberikan pada sisa media tanam yang tidak terpakai. Melalui inovasi, limbah ini diubah menjadi dua produk bernilai ekonomis, yakni arang briket dan pupuk organik. Pendekatan daur ulang ini tidak hanya berdampak positif pada lingkungan dengan mengurangi jumlah limbah, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat.


    Inovasi ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat sambil memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat Desa Tasiwalie. Kolaborasi antara UNM Makassar dan Unisan Sidrap diharapkan dapat menjadi contoh bagi inisiatif serupa di daerah lain.

    Komentar

    Tampilkan